Senin, 24 November 2008

anak nakal

Berita Guru Favorit
Sabtu, 28 Agustus 2004Susahnya Ngurus Murid NakalYANG namanya kelas pasti dihuni wali kelas, guru dan murid-murid. Dan guru bertugas untuk mengajar dan mendidik. Tapi, coba kalau kita bayangkan seorang guru menghadapi 30-40 murid yang berbeda karakter. Wah, pasti diperlukan kesabaran yang ekstra tuh! Apalagi kalau mengahadapi murid yang nakal, pasti susah banget ngurusnya. Kaya penuturan simpatik kawan kita Yanti terhadap sosok seorang guru yang susahnya ngurus murid nakal. "Emang bener, yang namanya guru itu mempunyai jasa yang besar terhadap masa depan kita. Gimana kalau nggak ada guru? Kita nggak bakalan bisa sampe kaya gini," tutur cewek SMAN 2 ini.
"Kalau ngeliatin temen-temen yang selalu bikin ulah di kelas atau di sekolah, kadang aku jadi pengen marah juga. Abis, kalau di kelas dia nggak bisa diam, pastikan ganggu kita-kita yang serius belajar," tambah cewek kelas 3 ini.
Pernyataan Yanti, juga didukung Arthur. "Kadang aku ngebayangin gimana kalau aku jadi guru menghadapi murid-murid yang ngebetein banget. Kalau nggak sabaran, bisa-bisa main pukul," cetus cowok kelas 3 SMAN 1 ini. Hal yang sama juga disampaikan Ria. "Yup, menurutku kalau menghadapi orang kaya gitu, lebih baik di skorsing aja, biar kapok," gerutu Ria, cewek kelas 2 SMAN 2 ini. Wah, apa nggak terlalu radikal tuh? Tapi lain dengan Yessy yang ada di SMAN 3 ini. "Kalau menurutku, awalnya sih diberi teguran aja, tapi kalau tetap bikin masalah di kelas apalagi di sekolah, skorsing bagus banget dijadikan pilihan utama," timpal cewek hitam manis ini dengan bijak. Gimana dengan komentar seorang guru dalam menghadapi murid yang nakal? Seperti penuturan Herbet Sitompul, salah seorang guru di SMAN 1 ini, mengatakan bahwa, sosok seorang guru yang selain sebagai tenaga pengajar, dia juga harus dapat mendidik dan sebagai teladan anak didiknya tadi.
"Sudah menjadi tantangan dan tanggung jawab bagi kami seorang guru dimanapun, untuk dapat mengarahkan anak didiknya menjadi orang yang terbaik," tegas guru yang dikenal dekat dengan anak didiknya di SMAN 1 ini. (vicco)

0 komentar:

Template Design by SkinCorner from Jack Book